Apa itu Linux ?


Seperti halnya windows 7, windows 8, windows 10, Mac OS X, linux adalah sistem operasi. Perangkat lunak sistem yang mengatur segala sumber daya dari perangkat keras (Hardware) yang terkait dengan desktop atau laptop. Linux Sudah ada sejak pertengahan 90-an, dan sejak itu mencapai basis pengguna yang mencakup industri dan benua.

Linux adalah sistem operasi yang "open source" artinya sistem operasi yang gratis dan dapat dikembangkan sesuai dengan keperluan pribadi, komunitas, dan perusahaan. Sistem operasi dengan logo "pinguin" ini ternyata telah banyak digunakan diberbagai perangkat seperti smartphone, mobil, kulkas, menjalankan sebagian internet, superkomputer, dan bahkan di bursa saham dunia. Tapi sebelum Linux menjadi platform untuk menjalankan desktop, server, dan sistem embedded di seluruh dunia, itu adalah (dan masih ada) salah satu sistem operasi yang paling andal, aman, dan bebas dari kekhawatiran yang tersedia.

Tidak mau kalah dengan sistem operasi lainnya, linux juga punya beberapa kelebihan yang mungkin lebih baik daripada sistem operasi yang pernah ada. Diantaranya adalah :

Gratis

Umumnya, kita tidak harus mengeluarkan uang untuk memakai sistem operasi ini dan pastinya sudah legal. Kalo di sistem operasi lain kita harus membeli lisensi / product key supaya bisa dikatakan legal atau pakai cara curang yaitu "ngeCrack" (Ingat Dosa gan).

Open Source

Dapat dikembangkan sesuai dengan keperluan pribadi, komunitas, dan perusahaan. Bukan hanya sebagai pemakai saja, tapi kita bisa berkreasi untuk membuat versi linux kita sendiri. Tapi dengan catatan kita harus bisa bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Aman

Sampai saat ini, linux masih tergolong sistem operasi yang aman. Jarang sekali terdengar bahwa linux terjangkit oleh virus seperti halnya sistem operasi windows. Bahkan linux saja sendiri dipakai oleh para hacker atau IT Security untuk melakukan peneterasi keamanan suatu sistem.

Fleksibel

Linux tidak hanya bisa terpasang di modern pc tapi juga di komputer lama atau lawas. Jadi, kalo kita punya pc lama yang masih mau dipakai bisa menggunakan linux.

Sedikit Memakai Media Penyimpanan

Sistem operasi ini ramah dengan media penyimpanan, untuk standar instalasi yang berisi program - program seperti ekstrator, browser, office, burning, dan lainnya hanya menghabiskan paling minimum yaitu 8 Gb. Oleh karena itu, sistem operasi ini juga dapat di install ke flash disk.

Driver Ready

Jangan cemas, linux sudah dilengkapi driver komputer standar seperti graphic, wireless, usb, printer dsb. Jika driver komputer kita hilang atau kerepotan harus download driver dulu mungkin linux bisa jadi alternatif yang baik untuk digunakan.


Backup Data dari sistem operasi lain

Ketika kita mempunyai data penting dalam sistem operasi lain seperti windows kemudian mengalami error pada sistemnya atau komputer kita terkena virus yang menyebabkan kita susah untuk menyelamatkan data, kita masih bisa menyelamatkan data kita dengan menggunakan linux. Linux dapat membaca, membackup, serta dapat menjalankan dokumen - dokumen kita seperti office, foto, video dsb.


Setiap sistem operasi pasti memiliki kelemahan, linux juga memiliki kelemahan diantaranya adalah aplikasi yang diperuntukkan untuk linux masih tergolong sedikit dan driver untuk perangkat baru masih jarang developer mengembangkan untuk linux seperti printer, scanner, dsb.

Semoga bermanfaat.


Referensi Tambahan :
  1. https://openclipart.org/image/2400px/svg_to_png/219293/linux-logo.png (image)
  2. https://www.linux.com/what-is-linux
Apa itu Linux ? Apa itu Linux ? Reviewed by Gunawan pp on Oktober 01, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.